INSPEKTUR KOTA SALATIGA HADIRI RAKOR EVALUASI DAN MONITORING SABER PUNGLI SE JAWA TENGAH

Inspektur Kota Salatiga menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Kegiatan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar Tahun 2021 dan Monitoring Pelaksanaan Tahun 2022 pada hari Selasa tanggal 31 Mei 2022. Bertempat di Aula Integritas Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, dengan tema “Optimalisasi Kinerja Satgas Saber Pungli se-Jawa Tengah Wujudkan Kota Bebas Pungutan Liar dan Bersih Melayani”.

Maksud diselenggarakannya Rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dalam rangka mendukung upaya pemberantasan pungutan liar di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan tujuannya adalah melakukan evaluasi kegiatan Saber Pungli Kab/Kota dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 serta monitoring pelaksanaan kegiatan Sapu Bersih Pungli Tahun 2022.

Acara dibuka oleh Wakil Gubernur H Taz Yasin Maemun Zoeber dengan peserta Rapat Koordinasi adalah Irwasda Polda Jateng Asisten Pengawasan Kejati Jateng, perwakilan dari Pomdam IV/Diponegoro, Inspektur Provinsi Jawa Tengah serta para Wakapolres, Inspektur, dan Kasi Intel Kab/Kota di Jawa Tengah selaku Tim Unit Pemberantasan Pungli Kab/Kota.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan serta dalam pemberantasan pungli. Beliau juga menekankan pentingnya pendidikan anti korupsi sejak dini, termasuk edukasi masyarakat untuk berperan menghilangkan pungli dengan cara berperan aktif dalam melaporkan adanya pungutan liar. Termasuk harapan untuk mendigitalisasi proses pelayanan publik melalui optimalisasi sistem informasi.

Pimpinan Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Jawa Tengah, menyampaikan progress kegiatan selama tahun 2021 dan 2022 sampai dengan bulan Mei.  Pimpinan UPP Provinsi Jawa Tengah mengharapkan UPP Kab/Kota melaksanakan kegiatan secara optimal dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam pemberantas pungutan liar di wilayah kerjanya masing-masing. Dan dukungan anggaran yang sesuai kemampuan keuangan daerah sebagai penunjang pelaksanaan fungsi pencegahan, penindakan dan evaluasi pemberantasan pungutan liar

Rencana tindak lanjut UPP Kota Salatiga tahun 2022 hasil rapat koordinasi ini adalah sebagai berikut :

  1. Sosialisasi bagi pegawai ASN dan Masyarakat pada bulan Juni 2022;
  2. Pembuatan video pendek anti pungutan liar;
  3. Membuat kanal laporan pungutan liar melalui media elektronik; dan
  4. Membuat dan membagi banner, flyer STOP PUNGLI.

Rencana ini dipilih adalah untuk mengkampanyekan semangat anti korupsi melalui pemberantasan pungutan liar oleh oknum-oknum penyelenggara pelayanan publik instansi pemerintah dan pihak-pihak yang bekerja sama dengan pemerintah Kota Salatiga.